Jumat, 06 November 2009

RPP SMK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : X/Gasal

Pertemuan ke : 1 dan 2

Alokasi Waktu : tiga tatap muka @ 6 x 45 menit

Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat semenjana.

Kompetensi Dasar : 1.7 Menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun

Indikator : 1. Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat berdasarkan kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan.

2. Mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat.

3. Menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat dan santun dalam suatu pembicaraan.

I. Tujuan

A. Siswa dapat mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dilihat dari kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan.

B. Siswa dapat mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat.

C. Siswa dapat menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun dalam suatu pembicaraan.

II. Materi Ajar

A. Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah kalimat.

B. Contoh-contoh kalimat efektif.

III. Metode Pembelajaran

A. Tanya jawab

B. Diskusi

C. Penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

A. LANGKAH AWAL

1. Apersepsi: Guru memberikan contoh kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dan kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat yang sering dijumpai.

2. Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran.

B. KEGIATAN INTI

1. Siswa mengkonstruksi ciri-ciri kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dan kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat yang sering dijumpai.

2. Berdasarkan ciri-ciri, siswa berdiskusi tentang syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah kalimat.

3. Menyimak penjelasan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah kalimat: kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan.

4. Siswa mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dari suatu teks dan membetulkannya.

5. Siswa mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat dari suatu teks dan membetulkannya.

6. Siswa mengidentifikasi kalimat yang tidak/kurang santun dari suatu teks menjadi kalimat yang santun.

7. Siswa dapat menyunting teks (paragraf) yang kurang komunikatif/ kurang efektif/kurang santun menjadi teks yang komunikatif, efektif, dan santun.

8. Siswa membuat kalimat yang komunikatif, cermat dan santun untuk percakapan dengan teman sebaya dan orang tua/guru.

9. Siswa menyusun dialog dengan memperhatikan kalimat yang komunikatif, cermat dan santun dalam waktu yang telah ditentukan.

10. Menyampaikan informasi menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat dan santun.

C. KEGIATAN AKHIR

1. Refleksi materi

2. Mengerjakan evaluasi

3. Tugas membuat contoh kalimat komunikatif, cermat, dan santun.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

A. Alat : OHP dan alat tulis di kelas.

B. Sumber Belajar : 1. Modul Bahasa Indonesia tingkat Semenjana

2. Majalah, Koran

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia

VI. Penilaian

A. Penilaian dalam proses

1. Mengamati aktivitas siswa dalam pembelajaran.

B. Penilaian Tugas

1. Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dan kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat.

2. Mengidentifikasi kalimat yang tidak/kurang santun dari suatu teks menjadi kalimat yang santun.

3. Menyunting teks (paragraf) yang kurang komunikatif/kurang efektif/ kurang santun menjadi teks yang komunikatif, efektif, dan santun.

C. Penilaian Hasil Belajar

1. Tes lisan

2. Tes tertulis: soal objektif dan soal uraian.

Format Penilaian

A. Penilaian dalam proses

1. Siswa menunjukkan sikap positif 10

2. Siswa menunjukkan sikap sedang 6

3. Siswa menunjukkan sikap negatif 4

B. Penilaian tugas

1. Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif

tetapi tidak cermat 5

2. Mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif

tetapi cermat 5

3. Mengidentifikasi kalimat yang tidak/kurang santun 5

menjadi kalimat yang santun.

4. Menyunting teks (paragraf) yang kurang

komunikatif/kurang efektif/ kurang santun menjadi teks

yang komunikatif, efektif, dan santun. 5

C. Penilaian hasil belajar

1. Tes lisan

- Kekomunikatifan kalimat 10

- Kecermatan kalimat 10

- Kesantunan kalimat 10

- Intonasi, jeda, artikulasi, dan volume 10

2. Tes tertulis

- Soal objektif 10

- Soal uraian 10 +

Total skor 100


LAMPIRAN

A. Materi Pembelajaran

- Syarat kalimat yang baik, tepat dan santun yaitu sesuai kaidah bahasa, bernalar, dan ketersampaian pesan

- Sesuai dengan kaidah bahasa: sesuai dengan EYD

- Kalimat bernalar: kalimat yang logis (masuk akal)

- Ketersampaian pesan: bersifat komunikatif, pendengar/pembaca dapat menangkap maksud pembicara/penulis

- Kalimat santun: kalimat yang memahami situasi dan konteks dengan siapa ia berbicara.

- Contoh kalimat komunikatif tetapi tidak cermat:

Bagi para siswa pengurus OSIS harap berkumpul di aula.

Kalimat tersebut dapat dimengerti maksudnya (komunikatif) tetapi tidak terdapat unsur subjek (tidak cermat)

Perbaikan:

Para siswa pengurus OSIS harap berkumpul di aula.

- Contoh kalimat tidak komunikatif tetapi cermat.

Istri Kepala Desa yang baru itu nakal.

Kalimat tersebut membingungkan (tidak komunikatif) karena ‘yang baru’ dalam kalimat tersebut bisa mengacu pada kepala desa yang baru atau istri kepala desa yang baru. Namun, kalimat itu cermat karena sudah mmengandung usur kalimat lengkap (S-P-O)

Perbaikan:

Istri Kepala Desa yang baru diangkat itu nakal.

Istri yang baru Kepala Desa itu nakal.

- Kalimat bersifat komunikatif apabila kalimat itu dapat dipahami oleh pendengar (pembaca) dengan benar.

- Kalimat cermat bila kalimat tersebut memenuhi kaidah yang berlaku dan bersifat logis (bernalar).

B. Soal Objektif

Jawablah soal berikut dengan memilih satu opsi jawaban yang tepat!

1. Dari kalimat berikut manakah yang termasuk kalimat komunikatif dan cermat …

a. Bagi yang menyalakan komputer harap dimatikan.

b. Yang menyalakan komputer harap dimatikan.

c. Komputer harap dimatikan.

d. Komputer harap dimatikan yang menyalakan.

e. Komputernya harap dimatikan.

2. Ketika minta tanda tangan lurah untuk surat pindah, diharuskan mengisi kotak dana. Kalimat tersebut tidak cermat karena …

a. Tidak ada subjek

b. Tidak ada predikat

c. Tidak ada objek

d. Merupakan kalimat ambigu

e. Merupakan kalimat pasif

3. Bantuan langsung tunai itu untuk menyejahterakan masyarakat. Kalimat tersebut tidak cermat karena …

a. Tidak ada subjek

b. Tidak ada predikat

c. Tidak ada objek

d. Tidak ada pelengkap

e. Tidak ada keterangan

4. Manakah yang termasuk kalimat komunikatif tetapi tidak cermat …

a. Dia ke pasar.

b. Ayahnya seorang polisi.

c. Pria itu berjas hitam.

d. Hari ini hujan.

e. Ayah duduk dengan santai.

5. Manakah yang termasuk kalimat tidak komunikatif tetapi cermat …

a. Rumahnya dia bagus sekali.

b. Pemandangan di Pantai Kuta sangat indah sekali.

c. Suasana malam di Simpang Lima Kudus.

d. Presiden Republik Indonesia tahun 2007.

e. Kantor Pak Lurah baru dibangun.

C. Soal Uraian

1. Buatlah dua contoh kalimat komunikatif tetapi tidak cermat!

2. Buatlah dua contoh kalimat tidak komunikatif tetapi cermat!

3. Buatlah enam contoh kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun dalam suatu percakapan/dialog!

D. Soal Tes Lisan

Sampaikanlah cerita perjalananmu menuju ke sekolah dengan menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun!

Pecangaan, ……………..

Mengetahui,

Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,

……………………. ………………………

NIP. NIP.


2 komentar: